Kamis, 06 Desember 2012

jangan lakukan ini ketika akan tidur

Vemale.com -
Sebelum kita bangun pagi dengan mata panda, sebaiknya hindari deh melakukan hal-hal berikut. Bisa-bisa tidur kurang dan besoknya bangun jadi nggak segar lagi.
1. Lihat Gadget
Jauhkan gadget sejak 30-45 menit sebelum tidur. Gadget seringkali membuat kita keasyikan dan lupa pada fokus kita untuk tidur atau melakukan hal lainnya. Entah karena pekerjaan maupun sekedar melihat jejaring sosial yang kita miliki, hal tersebut akan menekan kondisi pikiran kita sebelum kita siap-siap memasuki jam tidur.
2. Makan
Bukan hanya membuat berat badan bertambah, tidur dalam kondisi perut kenyang juga sebaiknya dihindari karena kinerja tubuh jadi tidak berimbang. Di satu sisi kita ingin beristirahat, di satu sisi pencernaan masih bekerja.
3. Menyetel TV atau Mendengarkan Musik
Beberapa orang baru bisa tidur bila mendengarkan suara musik maupun televisi. Namun bila kita melakukannya tubuh kita tidak memiliki kesempatan menurunkan kondisinya untuk bersiap tidur. Kita pun jadi tidak bisa beristirahat sepenuhnya.
4. Baca Buku Atau Komik
Banyak orang yang senang membaca buku, komik atau majalah sebagai pengantar tidur. Namun hal ini bisa menyita waktu Anda untuk mempersiapkan diri sebelum tidur, jadi sebaiknya gunakan waktu Anda untuk mengistirahatkan pikiran sebelum tidur.
5. Nonton Film Horor
Hindari nonton film horor karena akan membuat aktivitas otak Anda meningkat. Selain itu, menonton film horor bisa membuat Anda berimajinasi mengenai film tersebut dan terbawa ke alam mimpi. Daripada mengalami tidur yang melelahkan, lebih baik hindari menonton film horor. 
6. Minum Kopi
Banyak yang menyarankan untuk tidak meminum kopi karena akan membuat Anda terjaga. Kopi membuat debaran jantung meningkat sehingga Anda kurang bisa mengantuk dan mengistirahatkan tubuh Anda. 
Sebelum tidur, hindari memikirkan hal yang berat. Rilekskan tubuh Anda sekitar 15-30 menit sehingga Anda bisa mendapatkan tidur yang berkualitas. Mencuci wajah, tangan dan kaki bisa jadi alternatif untuk membuat ANda lebih relaks dan cepat tidur. Selamat mencoba tips ini dan selamat beristirahat. 

Tidak ada komentar: